Friday, October 2, 2015

Cara Menginstall Java dan Menjalankannya

Cara Menginstall Java di Windows :

Install terlebih dahulu softwarenya kalau belum punya bisa download disini 
 kemudian jika sudah mendownload maka kita install programnya  seperti gambar dibawah ini:

Setelah klik next selanjutnya kita masuk pada menu yg kedua yaitu installer akan menginstall beberapa paket yg ada didalamnya kemudian kita klik next untuk proses menginstall.



Setelah terinstall maka yg diperlukan adalah untuk menentukan akan disimpan dimana hasil installanya disini saya menyimpannya di folder c:\\ .Ini adalah proses terpenting menginstall karena untuk proses selanjutnya kita harus mengetahui path dari installan tadi, jika sudah selesai menginstall akan seperti proses disamping kanan.

Jika sudah, maka kita akan masuk proses selanjutnya yaitu untuk menambahkan kedalam path windows  agar dapat dijalankan di windows yg harus dilakukan adalah membuka windows explorer ->this pc->properties ->advanced system setting->advanced->environment variables->


Kemudian cari tulisan path kemudian kalian klik edit dan kalian tambahkan path yg ada pada step penginstallan tadi yg menunjukkan folder mana yg kalian pilih, kemudian tuliskan pada path maka taraaaaaa java development kits sudah terinstall.


Dan yg terakhir mengecek apakah java sudah benar terpasang di pc kita seperti gambar dibawah ini :






Cara Menjalankan Java di Windows :

Jika sudah dicek maka tinggal menjalankannya saja, yg pertama tulis codingan anda di notepad atau notepad++ kemudian save dengan extension java kemudian save setelah di save maka kita membukanya dengan command promt seperti dibawah dan sudah saya kasih contoh program sederhananya.






Kemudian tuliskan seperti dibawah ini javac namafile.java jika sudah tekan enter dan jika sudah bener semua kodingannya maka akan menujukkan ke path file tersebut, jika salah maka akan ada bacaan errors pada kodingannya.



Semoga Berhasil!!!!!!.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 Belajar itu Indah and Powered by Blogger.